Sabtu, 20 April 2013

Sejarah Tenis Meja (Internasional)


Tenis meja adalah suatu olahraga yang termasuk bola kecil permainan ini biasa dimainkan di dalam ruangan (Indoor). Permainan tenis meja atau pingpong adalah suatu olahraga yang dimainkan oleh dua orang (tunggal) atau dua pasangan (ganda) yang berlawanan. permainan ini menggunakan Permainan raket yang terbuat dari papan kayu yang dilapisi karet yang biasa disebut bat, sebuah bola pingpong dan lapangan permainan yang berbentuk meja.

Permainan tenis meja mulanya dikenal sebagai hiburan ringan bagi masyarakat.namun dari mana asal permainan ini kapan dan siapa yang mula-mula menciptakannya, diperoleh keterangan dari beberapa sumber sebagai berikut :

  1. Pada zaman purbakala, di Iran permainan ini menggunakan kayu untuk memukul bola dari usus binatang yang di isi angin. 
  2. Bangsa Prancis pada abad ke XII, bolanya terbuat dari kertas diktat dan dipukul dengan tangan. 
  3. Bangsa India, menggunakan bola bersayap bulu dan pemukulnya kayu yang dibungkus dengan kulit binatang menjangan. 
  4. Di Republik Rakyat Cina, nama resmi olahraga ini ialah "bola ping pong" (Tionghoa : 乒乓;Pinyin : pīngpāng qiú) 
  5. Beberapa sumber mengatakan bahwa permainan ini berasal dari inggris.berasal dari permainan tenis kuno pada abad pertengahan seperti ’gossima dan whiff whaff” dikembangkan oleh angkatan bersejata Inggris yang berkedudukan di India sebagai rekreasi di waktu senggang. Meja yang di gunakan belum ada ukuran dan net terbuat dari tali sepatu boat, alat pemukulnya terbuat dari serpihan kayu yang menyerupai raket seperti yang di gunakan  untuk bermain tenis. 
  6. Pada abad ke 19 sudah digemari di Inggris dan Eropa. Di Amerika serikat sudah mulai banyak dilakukan. Pada waktu di beri nama “gossima” atau “ping-pong”.
Pada tahun 1990 permainan tenis meja disempurnakan oleh negara-negara Eropa Barat. Permainan ini menjadi popular pada tahun 1905 E.C. Goode dari London memperkenalkan raket dengan permukaan karet. Tanggal 15 januari 1926 atas perkasa Dr. Georg Lehnman dari Jerman di bentuk satu organisasi tenis meja tingkat internasional dengan singkatan ITTF (International Table Tennis Federation) dengan presiden nya Hon Ivor Montagu dari Inggris. Negara –negara anggotanya pada waktu itu adalah :

  1. Inggris. 
  2. Jerman 
  3. Polandia 
  4. Perancis 
  5. Cekoslavia 
  6. Swedia 
  7. India 
  8. Jepang
Pada tahun (1926) diadakan kejuaraan Eropa bertempat di Memorial Hall Street dengan peserta :

  1. Austria  
  2. Cekoslowakia 
  3. Denmark 
  4. Inggris 
  5. Jerman 
  6. Hungaria 
  7. India 
  8. Swedia 
  9. Wales
Tanggal 12 Desember 1926 negara-negara Eropa dianggap atau dijadikan sebagai kejuaraan dunia pertama.  Tahun 1939 terdaftar 28 Asosiasi/Negara sebagai anggota ITTF. Selajutnya kejuaraan dunia diadakan setahun sekali hingga ke 13 tahun 1938, sampai tahun 1945 tidak dapat di lanjutkan karna perang dunia. Baru pada tahun 1946 kejuaraan dunia yang ke 14 di Paris (Perancis) sampai 1955. Sejak itu terjadi perubahan menjadi 2 tahun sekali hingga ke 41 tahun 1991 di Chiba, Jepang. Pada tahun 1991 terjadi perubahan dalam system pertandingan untuk beregu putra yang biasanya mempertandingan 9 partai menjadi 5 partai. Rencana perubahanya sendiri dilakukan pada tahun 1989, yaitu pada kongres ITTF, setelah final kejuaraan dunia pada waktu itu antara cina dan Swedia yang berlangsung hampir 6 jam. 

Semoga Bermanfaat

0 komentar:

Poskan Komentar